Kamis, 17 September 2020

Mengintip Pesona Labuan Bajo, Sepotong Surga dari Nusa Tenggara

Mengintip Pesona Labuan Bajo, Sepotong Surga dari Nusa Tenggara
Sumber: https://www.freepik.com/

Nama Labuan Bajo mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ini merupakan nama dari sebuah ibukota kabupaten di Nusa Tenggara Timur, yakni Manggarai Barat. Layaknya ibukota kabupaten lainnya, Labuan Bajo mempunya banyak fasilitas seperti perkantoran, sekolah, toko-toko, perumahan, transportasi dan layanan publik lainnya. Namun ada hal lain yang membuat kota ini sangat spesial dibanding ibukota kabupaten lainnya, yaitu pariwisatanya. Labuan Bajo seperti menyimpan surga di sekitaran kotanya yang kecil. Lautan jernih, pantai cantik, gua eksotik, kampung yang apik, suasana yang menenangkan dan banyak serpihan surga lainnya. Pesonanya seakan tidak pernah habis untuk memanggail wisatawan agar berkunjung ke sini. Yuk intip apa saja pesona yang dihadirkan di surga kecil dari Nusa Tenggara ini.   

Taman Nasional Komodo

Sumber: https://www.holamigo.id/

Mengunjungi Taman Nasional Komodo tentu saja menjadi tujuan pertama ketika berada di Labuan Bajo. Karena hanya di sinilah Anda dapat melihat spesies kadal terbesar di dunia ini. Ya, komodo memang satwa asli Indonesia yang hanya bisa ditemukan di pulau Komodo, pulau Rinca, pulau Padar danGili Motang yang berada di sekitaran Labuan Bajo. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman melihat langsung kehidupan liar komodo dari dekat sekaligus menjelajahi pulau nan indah. Anda akan diberikan arahan terlebih dahulu dan ditemani oleh pemandu karena walaupun terlihat jinak, hewan eksotis ini merupakan satwa yang berbahaya. 

Pulau Padar

Sumber: https://www.freepik.com/

Labuan Bajo memang tersusun dari berbagai pulau. Namun dari banyak pulau yang ada, Pulau Padar adalah primadonanya. berjarak 2-3 jam dari pelabuhan Labuan Bajo, pulau cantik ini akan memberikan Anda pemandangan perbukitan batu yang dikelilingi oleh laut biru dengan gradasi yang apik. Untuk mencapai puncak dan mendapatkan pemandangan terindahnya, Anda bisa menaiki anak-anak tangga yang disediakan. Ada ratusan anak tangga yang harus didaki, namun semua itu tidak akan berarti dibandingkan dengan pemandangan luar biasa yang akan Anda temukan di puncaknya. 

Pulau Kanawa

Sumber: http://journal.momotrip.co.id/

Selain pulau Padar, pulau-pulau lain di sekitar Labuan Bajo pun tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah pulau Kanawa. Pulau Kanawa mempunyai dermaga tersendiri yang membuat pulau ini layaknya pulau pribadi. Berada cukup jauh dari kota, rasakan suasana yang sangat tenang ditemani lautan yang yang jernih untuk relaksasi Anda.  

Pink Beach

Sumber: http://xelexi.com/

Sudah tidak mengherankan jika pasir di pantai berwarna putih atau sedikit gelap. Namun pernahkah Anda melihat pasir pantai berwarna merah muda? Di pink beach Anda bisa mendapatkan keunikan tersebut. Seperti namanya, pasir di pantai ini memang berwarna merah muda. Warna pink di pasirnya berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral berwarna merah muda ini lama kelamaan akan hancur dan menjadi pasir di pantai. Selain pasirnya yang sangat unik, layaknya pantai lainnya di Labuan Bajo, air laut di sini pun sangat biru dan jernih. 

Taka Makassar

Sumber: https://magazine.job-like.com/

Kecil-kecil si cabe rawit, sebutan tersebut tampaknya sangat cocok disematkan untuk Taka Makassar. Pulau ini memang kecil, hanya sebesar lapangan sepak bola, namun mempunyai pesona yang sangat besar. Ketinggian pulau Taka Makassar di atas permukaan laut memang rendah, sehingga daratan yang muncul hanya sedikit. Bahkan Taka Makassar akan menghilang ketika air laut pasang, dan kembali lagi muncul ketika air laut surut. Namun di sini adalah surga bagi para pecinta snorkeling dan diving.  Selain itu, laut di ssekitaran Taka Makassar juga menyimpan beragam biota lau yang sungguh mengagumkan. 

Gua Batu Cermin

Sumber: https://www.pinterest.com/

Begitu memasuki gua ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah cahaya matahari yang menembus masuk dan dipantulkan oleh dinding-dindingnya. Inilah mengapa gua ini disebut dengan gua Batu Cermin. Gua ini awalnya berada di bawah laut yang menyebabkan dinding-dindingnya banyak mengandung garam sehingga dapat memantulkan sinar matahari. Untuk pemandangan terbaik, Anda bisa mengunjungi gua Batu Cermin antara pukul 9-10 pagi. Namun tidak perlu khawatir jika berkunjung di luar jam tersebut, karena  Anda pun tetap bisa menikmati keindahan gua dan flora fauna di sekitarnya.    

Goa Rangko

Sumber: https://www.traveloka.com/

Jika Anda memimpikan wisata air yang berada di dalam gua seperti yang kerap muncul di film atau dokumenter, Anda bisa mewujudkannya di gua Rangko. Layaknya harta karun yang tersembungi, Anda dapat melihat air laut yang biru dan jernih di dalam sebuah gua. Walaupun terdapat di dalam gua, tempat wisata yang bak kolam renang pribadi ini tidak tampak menyeramkan. Justru di sini Anda bisa bebas berenang karena airnya yang tenang serta bisa relaksasi untuk melepas kepenatan. 

Danau Kelimutu

Sumber: https://www.shutterstock.com/

Danau Kelimutu merupakan danau kawah yang berada di puncak gunung berapi Kelimutu. Yang menjadikan tempat ini unik dan menarik untuk dikunjungi adalah karena ada tiga danau dengan warna yang berbeda satu degan lainnya. Bagi masyarakat setempat tiga danau ini mempunyai nama dan filosofinya masing-masing.  Danau berwarna biru bernama "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" dianggap sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang telah meninggal yang selama hidupnya selalu melakukan kejahatan/tenung. Sementara danau terakhir yang berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Wae Rebo

Sumber: https://www.superadventure.co.id/

Selain wisata pantai, danau ataupun gua yang sudah sangat terkenal, Labuan Bajo juga mempunyai wisata pedesaan yang tidak boleh dilewatkan. Yakni wisata ke Wae Rebo, wisata ke desa tradisional yang disebut-sebut sebagai desa tradisional terindah di Indonesia. Di Wae Rebo Anda akan disuguhkan 7 buah rumah adat yang disebut “Mbaru Niang” yang sudah bertahan selama 19 generasi. Hal lain yang membuat Anda akan terkagum-kagum dan betah berada di sini adalah pemandangan alamnya yang sangat indah. Wae Rebo berada di lahan hijau yang cukup luas, dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah serta berhawa sejuk dengan udara yang sangat segar. Rasa lelah dari perjalanan panjang dan terjal menuju ke sini akan terbayar dengan tuntas saat melihat keindahannya yang tiada tara. 

Tidak ada yang dapat mengingkari keindahan pesona Labuan Bajo. Setiap tempat wisata yang disuguhkannya selalu berhasil mencuri hati siapapun yang datang ke sana. Anda pun tidak ingin menyesal karena belum pernah berkunjung ke sini bukan? Salah satu harta karun Indonesia yang pastinya harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. 

0 komentar:

Posting Komentar